0813 Kartu Apa dan Daerah Mana, Cek Informasinya Disini

pdamtirtasukapura.co.id – Ada sebagian orang yang tidak tahu tentang 0813 Kartu Apa, nomor apa, provider apadan juga operator apa. Wajar saja, sebab ada banyak sekali provider jaringan telekomunikasi yang saat ini tersedia di Negara Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 0813 Kartu Apa secara jelas. Agar kalian yang belum tahu tentang nomor tersebut, manjadi tahu nomor tersebut merupakan operator apa.

Negara kita mempunyai banyak sekali provider, diantaranya yaitu Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three dan masih banyak lagi provider yang lainnya. Setiap provider pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing agar menjadi bahan pertimbangan dalam memilih operator jaringan. 0813 merupakan sebuah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah provider jaringan yang dipakai penggunanya.

Dengan kode tersebut, memudahkan kalian menebak suatu nomor yang mungkin tidak dikenal pada suatu kondisi. 0813 ini merupakan bagian dari kode identitas yang dimiliki oleh provider. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang kode tersebut merupakan kartu apa. Simak terus penjelasannya sampai akhir agar tidak ketinggalan penjelasan mengenai kode tersebut. Dengan mengetahuinya tentunya kalian juga akan mendapatkan manfaat yang dirasakan.

Untuk memudahkan kalian dalam mengetahui kode 0813 tersebut, kalian dapat menggunakan beberapa cara. Mulai dari mencarinya di google seperti 0813 kartu apa, kalian akan mengetahuinya setelah mencari pada situs website yang menjelaskan tentang kode tersebut. Buat kalian yang sudah penasaran ingin mengetahui kode tersebut. Simak selengkapnya dibawah ini.

0813 Kartu Apa ?

Kode yang mempunyai 4 digit ini 0813 merupakan kode awalan yang disebut juga sebagai perfix dan mempunyai ciri khas dari masing-masing operatornya. Sedangkan angka berikutnya 5,6,7 setelah 4 digit tersebut merupakan kode wilayah pemasarannya. Mungkin kalian masih merasa bingung dengan nomor operator 0813 ini merupakan operator apa dan daerah mana. Kita akan jelaskan secara lengkap dibawah ini.

0813 ini merupakan kode yang berasal dari nomor Telkomsel hanya saja berasal dari produk Simpati dan juga kartu Halo. Kedua produk tersebut merupakan produk yang paling laris sampai saat ini. Yang membedakan kartu simpati dan kartu halo yaitu jumlah digit nomornya. Untuk kartu simpati mempunyai 12 digit angka, sedangkan kartu halo hanya mempunyai 11 angka saja. Sekarang kalian sudah tahu bukan nomor 0813 kartu apa ?

Walaupun kode prefix Simpati dan Halo sama mempunyai kode awalan 0813, namun kartunya sangat berbeda. Kartu Simpati merupakan layanan prabayar dari Telkomsel yang harus diisi pulsa untuk membeli paket. Sedangkan Kartu Halo merupakan layanan pascabayar Telkomsel yang menggunakan sistem tagihan setiap bulannya.

Perbedaan Kartu Simpati dan Halo

Simpati dan Halo merupakan operator yang dimiliki oleh Telkomsel. Biasanya setiap operator mempunyai 4 angka awal yang berbeda. Tetapi kedua operator tersebut mempunyai awalan 4 angka yang sama, yang membedakannya yaitu jumlah angka pada setiap operatornya. Simpati mempunyai 12 angka, sedangkan Halo hanya mempunyai 11 angka. Cukup dengan menghitung jumlah saja, kalian pasti dapat membedakan operatornya.

Daftar Nomor Awalan Telkomsel

  • 0813 Nomor Kartu Simpati ( 12 angka )
  • 0813 Nomor Kartu Halo ( 11 angka)
  • 0851 Nomor Kartu As yaitu pengganti flexi
  • 0852 Nomor Kartu As ( 12 angka )
  • 0821 Nomor Kartu Simpati ( 12 angka)
  • 0822 Nomor Kartu Simpati Facebook dan Halo Simpati
  • 0823 Nomor Kartu As ( 12 angka )
  • 0811 Nomor Kartu Halo ( 10 dan 11 angka )
  • 0812 Nomor Kartu Simpati dan Halo ( 10 dan 11 angka)

Kumpulan Kode Prefix Seluruh Operator

Tidak hanya operator Telkomsel saja yang harus kalian tahu, operator lain seperti Three, Indosat, Mentari dan operator lainnya juga kalian harus tahu. Masing-masing kartu mempunyai kode prefix atau yang biasa disebut dengan nomor awalan yang tidak sama. Langsung saja, inilah beberapa nomor awalan dari kartu dengan operator lainnya selain Telkomsell yang akan kita berikan untuk kalian. Sebagai berikut :

Kode PrefixKode dan Operator
0895Three – Three
0896Three – Three
0897Three – Three
0898Three – Three
0899Three – Three
0814M2 Broadband – Indosat
0815Matrix dan Mentari – Indosat
0816Matrix dan Mentari – Indosat
0855Matrix dan Mentari – Indosat
0856IM3 – Indosat
0857IM3 – Indosat
0858Mentari – Indosat
0881 sampai 0889Smart- Smart
0838Axis- Axis
0831 sampai 0833Axis- Axis
0817 sampai 0819XL – XL Axiata
0859XL – XL Axiata
0877XL – XL Axiata
0878XL – XL Axiata
0828Ceria – Ceria
0888Fren – Mobile-8
0889Fren – Mobile-8
0828Sampoerna Telekom – Sampoerna Telekom
0868BYRU Satelit / PASTI Satelit – BYRU Satelit
0838NTS 3G
08315Lippo Telecom – Lippo Telecom

0813 dari Daerah Mana ?

Dengan menggunakan 4 atau 3 digit pertama dari sebuah nomor, kalian dapat mengetahui nama provider sekaligus daerahnya. Nomor tersebut disebut dengan kode prefix yang berbeda-beda pada setiap providernya. Provider yang mengeluarkan produk lebih dari satu biasanya juga akan memberikan nomor yang berbeda-beda. Sedangkan untuk daerahnya sendiri tidak ada batasan.

Kartu Telkomsel tersebut memberlakukan nomor tersebut sebagai kode area secara nasional. Jadi bisa saja berasal dari Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan bahkan Jawa. Kalian hanya dapat membedakannya melalui jumlah angka dan kode prefix.

Fungsi Kode Prefix

Tentunya kalian harus tahu fungsi dari kode prefix tersebut. Fungsinya yaitu sebagai identitas dari operator, agar kalian dapat membedakan kode tersebut merupakan operator mana saja. Jadi kalian dapat lebih mudah unruk memperkenalkan nomor ddengan providernya dari kode tersebut. Saat kalian mengisi pulsa, penjual akan langsung tahu dari nomor yang diberikan.

Fungsi lainnya yaitu biaya yang harus dikeluarkan saat telepon akan mengirimkan sms. Masing-masing provider mempunyai ketentuan biaya yang berbeda-beda. Jadi kalian akan tau mana kartu mahal dan mana kartu murah hanya dengan melihat nomor tersebut.

Cara Registrasi Kartu Simpati dan Halo

Untuk cara registrasi kartu simpati dan halo sangatlah mudah. Karna kedua kartu tersebut berbeda-beda, jadi cara registrasinya pun berbeda-beda. Langsung saja, berikut ini cara registrasi artu simpati dan juga kartu halo sebagai berikut :

Registrasi Kartu Simpati

  • Untuk calon pelanggan atau pelanggan baru, Ketik SMS : REG#NIK#NomorKK Kirim ke Nomor 4444.
  • Untuk calon pelanggan lama, Ketik SMS : ULANG#NIK#NomorKK Kirim ke Nomor 4444.

Registrasi Kartu Halo

Sedangkan untuk kartu Halo merupakan jenis kartu perdana pascabayar Telkomsel lainnya, langkah-langkah untuk registrasinya sebagai berikut :

  • Siapkan NIK kartu KTP dan nomor kartu KK, pastikan kalian tidak memberikan informasi ini kepada pihak manapun.
  • Kemudian, kalian lakukan registrasi dengan memilih dan berlangganan paket yang akan digunakan. Sistem pembayaran paket tersebut dilakukan sesuai periode yang ditentukan pihak kartu Halo.
  • Selanjutnya, tentukan nama provinsi kalian saat ini. Kemudian, masukkan nomor telepon Halo yang ingin digunakan.
  • Terakhir, kalian tunggu sampai proses selesai dan pihak kartu akan mengirimkan notifikasi berupa SMS.

Itulah cara-cara yang bisa kalian ikuti untuk melakukan registrasi operator Telkomsel. Semoga apa yang dijelaskan diatas bisa kalian pahami dan menjawab pertanyaan tentang 0813 kartu apa.

Penutup

Itu saja yang bisa kita jelaskan mengenai 0813 Kartu Apa. Semoga penjelasan yang sudah disampaikan akan menjawab pertanyaan kalian. Semoga informasi yang kita berikan juga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya!