6 Cara Membatasi Pengguna WiFi Agar Internet Tetap Stabil

pdamtirtasukapura.co.id – Pastinya sangat kesal jika WIFI yang kita miliki terdapat pengguna ilegal yang sangat banyak. Hal itu pastinya sangat merugikan, sebab dapat menurunkan kecepatan WiFi sehingga menjadi lemot. agar kejadian demikian tidak terjadi kembali kalian harus mengetahui cara membatasi pengguna WiFi agar dapat di kontrol.

Jika kalian sedang seorang yang bekerja secara online, Pastinya tidak ingin jaringan internet yang digunakan menjadi lemot. Maka dari itu kalian harus mengontrol agar tidak kelebihan pengguna sehingga WiFi menjadi lemot. dengan kata lain kalian harus membatasi pengguna WiFi agar jaringan Internet tetap stabil.

Untuk dapat mengontrol dan mengatur pengguna Wifi caranya cukup midah. Kalian bisa langsung mengaturnya melalui Ponsel atau PC. Kalian juga tidak perlu menginstall aplikasi atau software tambahan.

Pada dasarnya WiFi lemot tergantung dengan kondisi jaringan internet. Namun adakalanya terjadi akibat gangguan external. Salah satunya terlalu banyak pengguna yang terhubung dengan WiFi tersebut. Maka dengan membatasi pengguna WiFi, jaringan internet akan tetap stabil tidak akan mengurangi bandwidth dan kecepatan.

Solusi untuk hal tersebut sebenarnya cukup gampang, kalian hanya perlu mengganti Password Wifi. Akan tetapi jika kalian tidak ingin menggantinya, solusi terbaiknya yaitu dengan cara membatasi pengguna WiFi.

Cara Membatasi Pengguna WiFi Indihome

Jika kalian pelanggan Indihome Fiberhome, kalian memiliki cara untuk membatasi Pengguna yang santa mudah. Pasalnya pada pengaturan modem / panel admin, terdapat fitur yang berguna untuk membatasi pengguna. Sehingga kalian tidak perlu repot untuk memasang aplikasi tambahan.

Jika klaian belum mengetahui bagai mana cara menggunakanya, berikut ini cara membatasi pengguna WIfi Indihome:

  1. Hubungkan perangkan ponsel aau PC pada jaringan WiFi
  2. Buka browser lalu akses panel admin melalui ip 192.186.1.1
  3. Kemudian Login menggunakan Username dan Password admin
  4. lalu masuk ke menu Network => Wlan Setting => WiFi Control
  5. selanjutnya atur jumlah pada kolom SSID yang akan di batasi
  6. Masukan angka sesuai dengan jumlah maksimal pengguna yang dapat terhubung
  7. Lalu klik tombol apply untuk menyimpan pengaturan yang sudah dibuat
Baca Juga :  Cara Tukar Poin Tri Dengan Mudah dan Syaratnya Terbaru 2022

Jumlah angka bertujuan untuk menentukan jumlah maksimal perangkat yang dapat terhubung pada jaringan WiF. Jadi misalkan jumlah maksimal 5 perangkat, maka isi kolom SSID dengan angka 5. lalu klik Apply untuk menyimpan pengaturan yang telah di rubah.

Membatasi Pengguna Wifi Huawei

Apabila wifi yang kalian pakai mengunakan Wifi dari Huawei, berikut ini adalah cara untuk membatasi pengguna yang terhubung ke jaringan Wifi. Caranya mudah cukup dengan melalui enu pengaturan yang ada pada modem tersebut. Jadi kalian tida perlu melakukan tambahan aplikasi atau melakukan hal extreme lainnya.

Untuk selengkapnya kalian bisa ikuti langkah – langkah seperti di bawah ini.

  1. Hubungkan perangkat PH atau PC ke jarungan Wifi
  2. Buka Browser lalu akses ip 192.168.100.1 untuk masuk ke admin panel
  3. Masukan Username Root dan Password admin untuk akses login
  4. Pilih menu WLAN => WLAN Basic Configuration
  5. Kemudian Tentukan SSID yang akan di batasi jumlah penggunanya
  6. Tentukan jumlah dengan memasukan angka pada kolom Number Of Associated Device
  7. Untuk Menyimpan pengaturan Klik Apply

Angka yang kalian masukan dalam kolom Number OF Associated adalah jumlah maksimal pengguna yang dapat terhubung dengan jaringan WiFi. Jadi, apabila kalian membatasi pengguna maksimal 4 perangkat, maka tulis dalam kolom tersebut dengan angka 4.

Cara Membatasi Pengguna WiFi ZTE

Selain Huawei, Modem ZTE juga memiliki fitur pembatasan pengguna. Yang mana fitur ini bertujuan untuk menjaga kestabilan internet, serta mengontrol jumlah pengguna yag dapat mengakibatkan internet menjadi lemot.

Untuk caranya sendiri tidak berbeda jauh dengan cara – cara sebelumnya. namuan agar kalian tidak merasa bingung. kami telah menyiapkan langkah – langkahnya di bawah ini.

  1. Hubungkan terlebih dahulu perangkat kalian dengan jaringan Wifi
  2. Kemudian buka browser lalu akses ip 192.168.1.1 kemudian klik enter untuk masuk ke admin panel
  3. Masukan nama admin dan Password User, untuk membuka pengaturan
  4. Lalu Pilih SSID yag ingin di atur jumlah penggunanya
  5. Ketik akngka pada kolom Maximum Clients sesuai dengan jumlah maksimal pengguna yang terhubung
  6. seelah itu klik tombol submit untuk menyimpan perubahan yang telah di buat
Baca Juga :  10 Cara Download Video Twitter yang Di Private Tanpa Aplikasi

Angka pada kolom Maximim Clients adalah jumlah maksimum perangkat yang dapat terhubung ke jaringan internet. Jika kalian menginginkan jumlah maksimal 5 perangkat. maka ketik angka 5 pada kolom tersebut

Aplikasi NEtcut

Jika kalian tidak mau mengubah pengaturan panel admin modem, kalian bisa menggunakan aplikasi NetCut. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur jumlah pengguna dengan cara yang lumayan sadis. Pasalnya aplikasi ini dapat memutuskan koneksi internet perangkat seseorang.

Selain itu aplikasi ini juga dapa berguna jika kalian sedang terhubung ke wifi umum. ketika jaringan kalian kurang bagus, kalian bisa memutuskan beberapa perangkat agar koneksi menjadi lebih stabil. Untuk caranya kalian bisa lihat di bawah ini.

  1. Pertama Download dan install Aplikasi Net Cut untuk PC atau Android
  2. setelah terinstall, buka aplikasinya
  3. kemudian kalian akan di perlihatkan jumlah dan nama nama perangkat yang sedang terhubung ke jaringan WiFi
  4. Untuk memutuskan koneksi perangkat lain, kalian tinggal geser bar ke kiri pada nama perangkat tersebut
  5. Sedangkan untuk mengembalikannya geser bar ke kanan
  6. Selesai

Di dalam kotak Menu 2 Trusted User merupakan jaringan Wifi perangkat kalian. Sedangkan pada kotak menu Other Network adalah perangkat lain yang terhubung ke jaringan Wifi yang sama.

Aplikasi ini dapat memutuskan, beberapa perangkat yang di inginkan atau memutus kan semua perangkat sekaligus.Caranya dengan klik tombol Cut Off All, setelah itu maka otomatis semua koneksi perangkat akan terputus.

Aplikasi NetLimiter

NetLimiter adalah aplikasi yang digunakan untuk mengatur Bandwidth internet kepada perangkat yang terkoneksi. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengontrol jumlah bandwidth internet pada perangkat yang terkoneksi ke WiFi yang sama. Bahkan jika kalian tega, kalian bisa memutuskan koneksi mereka dengan tidak memberikan bendwitdt.

Baca Juga :  2 Cara Memasukan Voucher Telkomsel via kode USSD & Call 888

Dengan begitu bandwidht akan terkumpul ke perangkat kalian, sehingga koneksi internet menjadi lebih lancar. Sebab badwidht internet pada wifi tersebut tidak di bagi ke perangkat lain.

Bagi yang ingin mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah – langkah seperti di bawah ini.

  1. Pertama download dan install aplikasi NetLimiter pada PC atau Laptop kalian
  2. jika sudah pastikan, perangkat kalian terhubung ke jaringan WiFi
  3. Jika sudah buka aplikasi NetLimiter
  4. Kemudian setelah masuk ke menu utama, Klik pada Download Limit
  5. Cheklist beberapa kotak lalu klik Upload Limit
  6. Setelah itu klik Bagian Kb/s lalu Rules Editor. disini kalian bisa membatasi kecepatan dan bandwidth internet seseorang.
  7. Sedangkan untuk membatasi jumlah pengguna, klik Limit > tab lalu dengan angka yang di inginkan (jumlah maksimum pengguna
  8. Jika sudah klik bagian Save untuk menyimpan pengaturan yang sudah di buat.

Dengan demikian kalian bisa mengatur jumlah pengguna WiFi agar koneksi tetap stabil. Sebenarnya untuk lebih praktis kalian bisa langsung menganti parword WiFi. jadi tidak akan ada perangkat yang terhubung degan jaringan WiFi. namun carai ini beraku jika kalian pemilik Wifi tersebut, sehingga kalian misa memauki panel admin.

namun jika kalian hanya menggunakan Wifi di tempat umum, seperti cafe, mall dan lain lain, cara dua yang terakhir bisa kalian manfaatkan. Tapi perlu kami ingatkan, gunakanlan cara ini sebijak mungkin jangan sampai merugikan orang lain.

Penutup

Demikian Pembahasan kami mengenai Cara membatasi pengguna Wifi. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membatu kalian, khususnya para pembaca artikel ini den juga dapat memberi manfaat buat kita semua. baiklah terimakasih atas perhatiannya sampai ketemu di pembahasan selanjutnya.

You May Also Like

error: Content is protected !!