Chipset Terbaik Smartphone Terbaik Untuk Bermain Game 2022

pdamtirtasukapura.co.id – Seperti yang kalian tahu, chipset merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam smartphone. Yang mana chipset sendiri bisa disebut sebagai otaknya dari sebuah ponsel. Dibawah ini, kita akan informasikan beberapa Chipset Terbaik yang dapat kalian pilih. Untuk itu, ikuti terus penjelasannya hingga akhir, agar tidak ketinggalan informasinya.

Para pengguna smartphone, lebih memperhatikan pentingnya processor yang ada di dalam hp. Dengan begitu, saat kalian ingin membeli sebuah hp dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu. Untuk kalian yang sedang mencari smartphone dengan performa yang bagus, bisa lihat beberapa Chipset Terbaik yang akan disampaikan dibawah ini. Simak informasi selengkapnya sebagai berikut :

10 Rekomendasi Beberapa Chipset Terbaik di Tahun 2022

Mungkin banyak dari mereka membeli hp namun tidak memperhatikan chipset terlebih dahulu. Setelah membaca artikel ini, sebaiknya saat ingin membeli sebuah hp sebaiknya kalian memperhatikan chipset terbaik untuk hp yang akan digunakan. Yang mana chipset sendiri merupakan otak dari sebuah smartphone. Jika otaknya lambat, maka akan berpengaruh pada cara kerja HP tersebut.

Langsung saja, agar tidak penasaran dibawah ini kita akan informasikan beberapa Chipset Terbaik yang bisa kalian pilih. Dan beberapa rekomendasinya yaitu sebagai berikut :

A15 Bionic Apple

Chipset Terbaik

Seperti yang kalian tahu, iPhone 13 series menggunakan chipset Aplle A15 Bionic. Pasalnya chipset tersebut mempunyai kemampuan yang sangat cepat, salah satunya saat pemrosesan data. Yang mana chipset tersebut mempunyai unit pemrosesan grafis (GPU) baru. Tidak hanya itu saja, mesin saraf yang didapatkan bisa bekerja lebih tinggi dan mempunyai teknologi AI yang sangat baik.

Jumlah transistor yang dimiliki oleh chipset ini sebanyak 15 miliar, yang mana jumlah tersebut lebih banyak dari miliar yang dimiliki oleh A14 Bionic. A15 Bionic juga mempunyai skor 1.746 untuk single core dan 4.772 untuk multicorenya. Chipset ini digunakan pada hp iPhone 13 dan 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max dan iPhone SE (3rd generation). Masih ada lagi, chipset tersebut juga digunakan pada iPad Mini (6th generation).

Baca Juga :  MusicallyDown Situs Download Video TikTok & Youtube Tanpa Watermark

Apple A14 Bionic

Rekomendasi selanjutnya, kalian bisa memilih chipset Apple A14 Bionic. Chipset ini memiiliki transistor sebanyak 11,7 miliar yang ada didalamnya. Yang mana kinerja perangkat dari chipsetnya sendiri memiliki peningkatan sebanyak 40 % dibandingkan dengan A13 Bionic yang dibuat dengan fabrikasi 5 nm. Chipset ini juga dibuat dengan enam prosesor inti pada basis intruksi set ARMv8.5-A.

Dari keenam prosesor tersebut dua diantaranya memiliki kinerja yang sangat tinggi dan 4 diantaranya memiliki hemat daya. Untuk pengolahan grafisnya sendiri, chipset tersebut mengandalkan GPU yang mempunyai empat inti. Yang mana kemampuan dari GPU tersebut 50 % lebih kencang daripada GPU yang hadir di chip kelas atas buatan pabrik lainnya.

Exynos 2200

Tidak hanya kedua chipset saja yang akan kita rekomendasikan, masih banyak lagi chipset lainnya yanag belum kalian tahu. Satu diantaranya yaitu Exynos 2200, yang mana kelebihannya sendiri yaitu dapat menghadirkan pengalaman gaming pada hp seperti bermain di konsol. Chipset tersebut merupakan chipset pertama yang dikembangkan oleh Samsung dan bekerjasama dengan AMD.

AMD sendiri memberikan peran yang sangat besar yaitu telah mendesain GPU di SoC tersebut. GPU tersebut menggunakan arsitektur RDNA 2 sama seperti yang ada di PS5 dan Xbox Series X. Tidak hanya itu saja, GPU ini juga telah dilengkapi dengan ray tracing yang sudah terakselerasi secara hardware dan juga variable rate shading. Namun, sangat disayangkan banyak game mobile yang tidak menghadirkan fitur tersebut.

Snapdragon 888 5G

Terdapat beberapa smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 888 5G yaitu Xiaomi Mi 11T Pro, ASUS Zenfone 8, Xiaomi Mi 11, Xiaomi Mi 11 Ultra, OPPO Find X 5 Pro dan ASUS ROG Phone 5 series. Yang mana kelebihan didalamnya yaitu dapat menghasilkan nilai Antutu 8 di angka 700 ribuan saja. Chipset tersebut juga menawarkan beberapa fitur unggulan di dalamnya.

Chipset tersebut sudah dilengkapi dengan tiga image signal prosesor. Yang mana diantaranya yaitu Qualcomm Spectra 580 yang dapat meningkatkan kinerjanya hingga 25 %. Dan chipset ini juga mempunyai beberapa fitur modern yang ada di dalamnya. Seperti FastConnect 6900 6 GHz, 4K QAAM dan juga Bluetooth 5.2. Dengan semua kelebihan yang ada, kalian bisa memilih chipset yang satu ini.

Snapdragon 888+

Snapdragon 888+ memiliki kecepatan prosesor yang lebih tinggi yaitu pada kluster prime Kryo 680. Yang mana chipset tersebut merupakan chipset yang tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 888 5G. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu pada kecepatan prosesor dan kemampuan AI Engine. Dimana chipset snapdragon 888+ lebih unggul daripada chipset satunya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi HP Harga 4 Jutaan Terbaik Dan Terbaru 2022

Kecepatan core yang dihasilkan oleh Snapdragon 888+ yaitu 2,995 GHz. Peningkatan tersebut membuat performa kecepatan dari chipsetnya sendiri meningkat sebesar 5,2 %. Juga memiliki prosesor Hexagon 780 dengan kemampuan komputasi 32 TOPS. Yang mana chipset tersebut dapat kalian temukan pada hp kelas atas atau hp khusus untuk bermain game. Speperti HP Vivo iQOO 8 Pro, Xiaomi Mix 4 dan yang lainnya.

Snapdragon 8+ Gen 1

Chipset selanjutnya yang dapat kalian pilih yaitu Snapdragon 8+ Gen 1, yang mana kelebihan dari chipset tersebut yaitu prosesor dan kartu pengolah grafisnya memberikan performa yang lebih banyak daripada Snapdragon 8+ Gen 1 reguler. Chipset ini dirilis pada kuartal ketiga tahun 2022 pada beberapa smartphone ternama. Seperti Asus ROG Phone 6, Realme GT2 Master Explorer Edition dan yang lainnya.

Didalamnya juga memiliki 8 inti CPU yang dapat mencakup satu prime unit Kryo Prime dengan basis Cortex X2 (3.2 GHz). Tiga inti performa Kryo Gold dengan basis Cortex A710 (2.75 GHz) dan empat unit hemat daya Kryo Silver dengan basis Cortex A510 (2.0 GHz). Chipset ini juga menawarkan kartu pengolah grafis Adreno 730 yang memiliki kecepatan hingga 900 MHz. Juga terdapat Bluetooth 5.3, dan Wifi 6E.

Google Tensor

Sekarang Google mengembangkan sebuah chipset bermana google tensor. Yang mana kelebihan dari chipset tersebut yaitu pengenalan suara otomatis dan terdapat chip Titan M2 yang dapat melindungidata sensitif pengguna. Chipset ini juga dapat memberikan penggunanya berbagai macam fitur terbaik untuk kalian nikmati.

Chipset ini mempunyai tiga kluste, yang mana untuk kluster pertama adalah core besar dengan dua ARM Cortex-X1 (2.8 GHz) . Kedua core menengah yaitu dua core Cortex A76 (2.25 GHz). Untuk yang terakhir yaitu kluster ketiganya adalah empat core Cortex-A55 (1.8 GHz). Dan untuk sektor GPUnya sendiri menawarkan Mali-G78 MP20.

Dimensity 8100

Chipset Dimensy 8100 pertama kali dikeluarkan bebarengan dengan Dimensity 8000 pada tahun 2022. Namun chipset Dimensity 8100 lebih baik kinerja dan prosesornya dibanding dengan Dimensity 8000. Chipset ini hampir sama dengan chipset Snapdragon 888 yang menjadi primadonanya hp flagship di tahun 2021. Prosesor yang ada didalam Dimensity 8100 tidak bisa diremehkan.

Baca Juga :  Samsung Galaxy Z Flip 4 Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Yang mana arsitektur octa-core memiliki empat unit Cortex A78 dan empat unix Cortex A55 dengan frekuensi 2.85 GHz dan 2 GHz. Agar dapat memproses kebutuhan rendering grafis dengan baik, chipset ini dapat menawarkan GPU yang sangat berkualitas bernama Mali G610 MC6. Walaupun secara performa tidak lebih baik dari Snapdragon 888. Namun, chipset ini lebih stabil dan hemat daya.

Dimensity 9000+

Dimensity 9000+ merupakan salah satu chipset terbaik yang bisa kalian pilih. Yang mana chipset tersebut telah di upgrade menjadi lebih baik diantaranya yaitu peningkatan kinerja CPU hingga 5% dan performa grafisnya hingga 10%. Sinyal dan modemnya juga mendapatkan peningkatan 5G. Chipset ini dapat memaksimalkan performa gaming dan kecepatan yang lebih superior, inovasi dan videografi.

Tidak hanya itu saja, chipset ini juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan daya baterai. Dengan kelebihan yang akan kalian dapatkan, tentunya chipset ini bisa menjadi salah satu pilihan yang akan digunakan. Chipset ini juga mendukung RAM LPDRR5X dengan frekuensi 7500 Mbps, 20% lebih hemat daya dibandingkan dengan LPDDR5.

Snapdragon 8 Gen 1

Kehadiran dari chipset Snapdragon 8 Gen 1 merupakan terusan dari Snapdragon 888 dan 888+, yang maana banyak digunakan oleh hp populer. Kelebihan yang akan didapatkan pada chipset tersebut yaitu memiliki kemampuan CPU Snapdragon 8 Gen dengan tingkatan 20% dan bisa dilakukan penghematan daya baterai sebanyak 30 % di bandingkan dengan Snapdragon 888.

Prosesor utama yang di miliki oleh chiset ini yaitu CPU Armv9. Yang mana didalamnya terdapat tiga kluster prosesor. Prosesor utamanya yaitu Cortex-X2 dengan kecepatan clock 3,0 GHz. Kluster kedunya mempunyai tiga Cortex-A170 (2,5 GHz) dan kluster ketiga memiliki empat core Cortex A510 dengan kecepatan 1,8 GHz. Untuk GPUnya menghadirkan GPU Andreno 730.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai Chipset Terbaik yang bisa kalian pilih diantara semua chipset yang sudah disebutkan diatas. Semoga semua informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian. Terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

You May Also Like

error: Content is protected !!