Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik, Santun dan Menarik

pdamtirtasukapura.co.id – Kita akan berikan Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan, untuk kalian buat saat membuat surat lamaran pekerjaan. Saat melamat pekerjaan tidak hanya memikirkan soal CV saja, kalian juga harus memikirkan hal penting lainnya yang wajib di siapkan yaitu surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu surat penting yang harus ada pada saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Pelamar harus mempersiapkan surat lamaran pekerjaan dengan sebaik mungkin, tanpa terkecuali membuat kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan yang baik dan tepat. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, kalian tidak boleh membuatnya asal-asalan. Terdapat teknik dan juga tips-tips untuk membuatnya, karena surat lamaran tersebut akan sangat mempengaruhi penilaian perusahaan atau HRD.

Bahasa yang digunakan dalam penulisan surat lamaran kerja juga harus menggunakan bahasa formal, sopan, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mulai dari kata pengantar sampai kata penutup, kalian harus perhatikan baik-baik isi dan penggunaan katanya harus tepat. Untuk membuat kalimat pembuka sendiri, harus menarik dan baik agar pihak dari perusahaan penasaran dengan isinya. Sehingga bagian tersebut merupakan hal yang utama dan harus diperhatikan oleh kalimar saat melamar pekerjaan.

Pada kalimat penutup seringkali ditemukan penggunaan kalimatnya kurang berkesan, karena perekrut akan berekspektasi membaca kaliamat penutup yang impresif. Karena hal tersebut, disini kita akan bagikan Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang baik dan bisa kalian coba saat pembuatan lamaran pekerjaan. Agar kalian tidak penasaran, yuk simak selengkapnya dibawah ini agar kalian lebih paham dan tahu cara penulisan yang baik dan benar.

Komponen Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Tepat

Dalam penulisan kalimat penutup di surat lamaran pekerjaan, sebaiknya kalian perhatikan kata-kata dibawah ini. Agar bisa membuat kalimat penutup yang baik dan tepat. Adapun untuk komponen-kompenannya yaitu sebagai berikut :

  • Ucapkan kalimat terima kasih. Bagi kalian yang ingin membuat kalimat penutup pada surat lamaran, sebaiknya kalian tidak lupa mengucapkan kalimat terima kasih. Karena, kemungkinan perekrut meluangkan waktunya untuk meninjau surat lamaran satu persatu dari calon pemalar secara hati-hati. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mengucapkan terima kasih.
  • Buat kalimat penutup. Dalam membuat kalimat penutup, kalian harus fokus dengan apa yang bisa diberikan pada perusahaan. Bukan apa yang perusahaan bisa berikan kepada kalian.
  • Tuliskan minat. Kompetan lainnya, jangan lupa kalian tuliskan minat, pada pekerjaan yang dilamar. Dengan menuliskannya, bisa menggambarkan harapan kalian terhadap pekerjaan itu kepada recruiter.
  • Tuliskan tujuan. Kalian harus menuliskan tujuan dari perusahaan yang relevan dengan tujuan yang diinginkan. Caranya yaitu dengan menyampaikan pratinjau dari rencana kalian untuk mencapai tujuan tersebut, agar bisa membuat penasaran recruiter. Kalian dapat menemukan tujuan bisnis perusahaan tersebut dengan melihat dari deskripsi pekeerjaan atau situs perusahaan yang resmi.
  • Akhir kalimat penutup. Pada penulisan surat lamaran di akhir kalimat penutup harus memberikan salam hormat yang sopan dan profesional. Seperti dengan hormat, salam, hormat kami dan lain sebagainya.
Baca Juga :  Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar

Beberapa Kesalahan Dalam Penulisan Penutup Surat Lamaran Kerja

Biasanya terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan penutup. Berpedoman pada komponen diatas yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalian akan berusaha menuliskan kalimat penutup surat lamaran kerja dengan baik. Walaupun sudah ada cara yang baik dalam penulisan kalimat penutup, kadang kekeliruan bisa saja terjadi. Agar dapat menghindari hal tersebut, kalian harus menghindari beberapa kesalahan, sebagai berikut :

Terlalu Santai

Saat kalian membuat surat lamaran pekerjaan, diusahakan pada kalimat penutupnya menggunakan bahasa yang formal. Jangan terlalu santai seolah sedang berkomunikasi dengan teman. Apalagi untuk kalimat salam. Dengan contoh, salam hangat atau semoga harimu menyenangkan.

Tidak Dikoreksi Ulang

Pada pembuatan surat lamaran pekerjaan, usahakan kalian bisa mengoreksinya terlebih dahulu sebelum menyerahkan surat lamaran pekerjaan tersebut. Kalian harus pastikan tidak ada tipo, ataupun salah ketik. Sebab, jika ada kesalahan kalian dianggap tidak teliti saat penulisan surat lamaran pekerjaan tersebut.

Terlalu Percaya Diri

Kesalahan selanjutnya yang biasa dibuat oleh calon pelamar yaitu terlalu percaya diri. Dimana saat membuat suatu kalimat penutup, hindari kata-kata “anda akan menyesal bisa tidak menerima saya, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan saya”. Dalam kalimat tersebut merupakan ungkapan rasa percaya diri. Dengan hal seperti itu, akan memperburuk posisi kalian dimata perekrut.

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Tepat

Bagi kalian yang belum tahu cara penulisan kalimat penutup pada surat lamaran pekerjaan yang baik dan tepat. Bisa ikuti contoh-contoh dibawah ini, sebagai referensi untuk kalian saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Langsung saja, inilah beberapa contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang baik dan tepat yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :  Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar

1. Contoh Kalimat Penutup Pertama yang Tepat

Saya menantikan diskusi dengan posisi yang saya lamar serta bisa menjelaskan kontribusi yang dapat saya berikan bagi perusahaan. Saya percaya visi dan nilai pribadi saya selaras dengan perusahaan dan saya akan sangat cocok dengan organisasi anda. Terima kasih atas waktunya telah meninjau surat lamaran kerja ini.

2. Contoh Kalimat Penutup Kedua yang Tepat

Saya yakin lima tahun pengalaman saya dalam digital marketing, khususnya di bidang teknologi akan sangat cocok untuk pekerjaan ini. Dan saya sangat menyambut baik kesempatan untuk mendiskusikan kualifikasi saya agar bisa berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan. Terima kasih sebelumnya atas pertimbangannya.

3. Contoh Kalimat Penutup Ketiga yang tepat

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau surat lamaran saya. Saya berharap bisa membawa keahlian dan pengalaman saya ke sebuah perusahaan seperti perusahaan anda, di mana saya berharap bisa berkontribusi pada perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di (sebutkan email dan nomor kontak) jika anda memerlukan informasi tambahan.

4. Contoh Kalimat Penutup Keempat yang tepat

Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya. Saya berharap untuk membawa keahlian industri dan pengalaman saya ke sebuah perusahaan, seperti perusahaan Anda, di mana saya dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di (masukkan nomor telepon atau email) jika Anda memerlukan informasi tambahan.

5. Contoh Kalimat Penutup Kelima yang tepat

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan anda. Saya berharap bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut perihal posisi digital marketing yang saya lamar serta menunjukkan bagaimana saya bisa membantu mencapai tujuan perusahaan. Saya percaya keterampilan dan motivasi saya bisa menjadi aset yang berharga bagi perusahaan. Jangan ragu untuk menghubungi saya di nomor 0812345678 atau email abcd@gmail.com bila memerlukan informasi lain yang diperlukan. 

Baca Juga :  Syarat dan Contoh Surat Perjanjian Kejasama Pekerjaan / Bisnis

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan. Semoga informassi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya!

You May Also Like

error: Content is protected !!