Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Dengan Berbagai Alasan & Kondisi

pdamtirtasukapura.co.id – Sebagai seorang karyawan perusahaan, kalian harus mengikuti SOP yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Dengan mematuhi semua SOP yang ada, kalian dapat bekerja dalam jangka panjang. Adapun salah satu yang harus di ikuti aturannya yaitu saat kalian akan berhalangan hadir. Tentunya harus membuat surat izin tidak masuk kerja. Bagi karyawan baru pastinya membutuhkan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja.

Terdapat berbagai macam alasan yang bisa membuat karyawan mendadak tidak dapat masuk kerja. Apapun alasannya, jika memang berhalangan masuk kerja, kalian wajib mengajukan surat izin tidak masuk kerja kepada atasan. Membuat surat izin tidak masuk kerja tidak hanya sebatas sebagai pemberitahuan saja, hal tersebut sebagai bentuk profesionalitas kalian ditempat kerja. Untuk dapat meninggalkan pekerjaan sementara waktu.

Tujuan dari pembuatan surat izin tidak masuk kerja ini yaitu agar pihak perusahaan mengetahui alasan dibalik ketidakhadiran kalian disaat jam kerja. Membuat surat izin tidak masuk kerja, harus menggunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele. Pastikan semua yang ditulis didalam surat tersebut harus benar, singkat dan juga jelas. Buat kalian yang ingin tahu beberapa Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, bisa simak dibawah ini.

Tentang Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat Izin Tidak Masuk Kerja merupakan pengajuan permohonan izin untuk berhalangan hadir yang dibuat oleh karyawan saat ingin mengajukan kepada atasannya. Permohonan izin dibuat saat seseorang sedang sakit, ada keperluan mendadak, ada keperluan bersama keluarga yang tidak bisa ditunda. Tujuan dari pembuatannya sendiri yaitu untuk memberikan informasi kepada perusahaan kenapa seseorangtidak dapat hadir dikantor.

Dengan begitu, pihak perusahaan akan tahu alasan dibalik ketidakhadiran karyawan tersebut. Banyak orang yang menganggap menulis surat izin tidak masuk kerja sebagai hal sepele. Namun, untuk menulis surat izin tidak masuk kerja cukup susah. Apalagi bagi kalian yang belum pernah membuat surat semacam ini sebelumnya.

Buat kalian yang membutuhkan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, dibawah ni terdapat beberapa Contoh yang bisa dijadikan referensi untuk kalian gunakan saat berhalangan hadir. Masing-masing mempunyai format dan tujuan yang berbeda-beda. Kalian dapat memilih yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja, agar kalian tidak penasaran lagi bisa lihat contoh-contohnya dibawah ini.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Sebelum mengajukan surat izin tidak masuk kerja, kalian harus mencari tahu kebijakan perusahaan terkait syarat dan prosedur yang tersedia. Karena ada beberapa perusahaan yang mengharuskan karyawan yang berhalangan hadir harus mengajukan surat izin tidak masuk kerja secara langsung. Ada juga beberapa perusahaan lainnya mengharuskan karyawan yang akan berhalangan hadir mengajukan izinnya cukup melalui pesan atau email saja.

Oleh karena itu, kalian harus mengetahui prosedur pengajuan izin tidak masuk kerja pada perusahaan tersebut. Kalian bisa baca buku panduan karyawan atau tanyakan langsung kepada bagian HRDnya untuk mencari tahu alasan-alasan tidak masuk kerja yang diperbolehkan oleh perusahaan. Setelah mengetahuinya, kalian bisa langsung membuat surat zin tidak masuk kerja dengan memperhatikan beberapa tips dibawah ini. Sebagai berikut :

Format Surat Formal

Tips yang pertama yaitu dalam membuat surat izin tidak masuk kerja kalian harus menggunakan format surat secara formal. Dengan begitu, surat izin tidak masuk kerja yang kalian buat akan terlihat profesional. Jangan membuat surat izin tidak masuk kerja dengan format surat yang santai, karena akan terlihat tidak sopan saat dibaca.

Isi Surat Singkat dan Spesifik

Tips selanjutnya yaitu isi surat harus singkat dan spesifik. Dimana salam penulisan surat izin tidak masuk kerja, kalian tidak harus menuliskannya dengan panjang lebar alasan mengapa kalian terpaksa tidak dapat masuk kerja. Adapun sebaliknya, cukup jelaskan secara singkat seperti beberapa hal dibawah ini. Sebagai berikut :

  • Alasan ketidakhadiran
  • Tanggal ketidakhadiran
  • Durasi berhalangan masuk kerja
  • Dokumen pendukung bila diperlukan, seperti surat keterangan dari dokter.

Pertimbangkan Memberi Alternatif

Tips lainnya yaitu kalian harus pertimbangkan memberi alternatif. Biasanya dalam beberapa kasus kalian bisa memberikan pertimbangan untuk menebus ketidakhadiran ditempat kerja tersebut. Dengan contoh, walaupun tidak dapat hadir dikantor kalian tetap bisa bekerja secara remote di rumah dan bisa dihubungi melalui email. Adapun yang lainnnya, kalian dapat menjelaskan siapa orang yang bisa menjadi back up selama kalian tidak masuk kerja.

Beberapa Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Buat kalian yang belum pernah membuatSurat Izin Tidak Masuk Kerja, kalian bisa ikuti beberapa contoh yang akan kita berikan dibawah ini. Agar kalian tidak penasaran lagi, inilah beberapa contoh untuk membuat surat izin tidak masuk kerja. Sebagai berikut :

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Subang, 09 Agustus 2022

Hal : Permohonan izin tidak masuk kerja
Lampiran : Surat keterangan dokter

Yang terhormat,
Kepala bagian HRD
PT ABCD
Jl. Alamat kantor
Kota Subang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama lengkap : Ida Indriani
Jabatan : Staff Office
Alamat : Jl. Alamat rumah

Dengan ini memohon izin untuk tidak dapat masuk kerja pada hari Senin-Rabu, tanggal 15-17 Agustus 2022 karena alasan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut terlampir surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ida Indriani

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Alasan Keluarga

Subang, 09 Agustus 2022

Hal : Permohonan izin tidak masuk kerja

Yang terhormat,
Kepala bagian HRD
PT ABCD
Jl. Alamat kantor
Kota Subang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama lengkap : Ida Indriani
Jabatan : Staff Office
Alamat : Jl. Alamat rumah

Bermaksud mengajukan izin tidak masuk kerja selama 3 hari kerja terhitung dari tanggal 15-17 Agustus 2022 karena adanya keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan.

Selama tidak dapat masuk kerja, saya tetap dapat dihubungi melalui telepon atau email bila ada keperluan pekerjaan yang mendesak. Sementara pekerjaan yang saya tinggalkan selama izin akan segera saya selesaikan setelah kembali bekerja.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ida Indriani

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Menikah

Subang, 09 Agustus 2022

Hal : Permohonan izin tidak masuk kerja

Yang terhormat,
Kepala bagian HRD
PT ABCD
Jl. Alamat kantor
Kota Subang

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama lengkap : Ida Indriani
Jabatan : Staff Office
Alamat : Jl. Alamat rumah

Bermaksud mengajukan izin tidak masuk kerja pada tanggal 15-17 Agustus 2022 karena saya akan melangsungkan pernikahan.

Sebelumnya saya mohon maaf karena pada tanggal tersebut saya mungkin akan sulit dihubungi melalui telepon dan WhatsApp. Namun jika ada keperluan mendesak, saya akan mengusahakan untuk membalas email di malam hari. Sementara itu, semua pekerjaan saat ini sudah saya selesaikan dan pekerjaan selanjutnya akan segera saya selesaikan setelah kembali bekerja.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ida Indriani

Itulah beberapa contoh untuk membuat surat izin tidak masuk kerja yang bisa kalian ikuti. Contoh tersebut bisa kalian gunakan sebagai referensi saat berhalangan hadir karena sakit, menikah, keperluan keluarga atau hal lainnya.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa dijelaskan mengenai Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang bisa digunakan ketiga berhalangan masuk kerja. Semoga semua yang dijelaskan dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya!