Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Yang Baik dan Benar

pdamtirtasukapura.co.id – Terdapat banyak sekali Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang bisa didapatkan secara gratis pada internet. Namun, dari sekian banyaknya surat resign, kalian tetap harus selektif memilihnya. Karena, surat pengunduran diri merupakan bersifat formal dan bisa menentukan karir kalian kedepannya. Dibawah ini kita akan berikat beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa kalian ikuti pada saat resign.

Setelah lama bekerja, mungkin salah satu dari kalian sudah ada yang berencana untuk resign. Biasanya saat resign, kalian mempunyai alasan tersendiri, misalnya bosan, tidak cocok dengan tempat kerja, ataupun ingin meningkatkan skill ke level selanjutnya. Namun, yang jadi permasalahannya yaitu jika kalian pertama kali ingin mengajukan pengunduran diri. Solusinya agar kalian dapat resign dengan tenang, kalian bisa ikuti cara pengajuan resign dibawah ini.

Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan yang Baik

Saat kalian melamar suatu pekerjaan, kemudian ingin mengundurkan diri. Sebaiknya kalian gunakan kata-kata dalam surat pengunduran diri yang baik. Agar bisa langsung di proses oleh pihak perusahaannya. Dibawah ini kita akan berikan cara untuk kalian pada saat membuat surat pengunduran diri yang baik. Adapun cara-caranya yaitu sebagai berikut :

1. Buat Perjanjian untuk Meeting 1-on-1

Saat mengajukan resign kerja, kalian harus mengajukan surat pengunduran diri kerja secara profesional. Sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara privasi antara kalian sebagai karyawan dan atasan atau HRD pada perusahaan tersebut. Untuk itu, penting sekali membuat perjanjian meeting 1-on-1 sebagai bentuk komunikasi dan diskusi dalam mengajukan resign. Tentunya, atasan atau pihak HRD akan senang hati menerima ajakan kalian.

2. Ceritakan Alasan yang Jelas Mengenai Pengunduran Diri Kerja

Saat ingin mengajukan surat pengunduran diri, sebaiknya kalian ceritakan alasan yang jelas mengenai pengajuan resign tersebut. Biasanya terdapat beberapa alasan seorang karyawan mengajukan pengunduran diri dari pekerjaannya, yaitu sebagai berikut :

  • Minim apresiasi dan penghargaan
  • Tidak merasakan perkembangan karier selama bekerja
  • Tujuan dari performa kerja yang tidak realistis
  • Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik
  • Budaya kerja yang tidak memperhatikan kesehatan mental karyawan
Baca Juga :  Syarat dan Contoh Surat Perjanjian Kejasama Pekerjaan / Bisnis

Saat kalian mengemukakan alasan resign, sebaiknya kalian tidak menyinggung atasan atau HRD yang ada diperusahaan tersebut. Yang terpenting, dalam penyampaian alasan ingin resign harus bijaksana. Selain itu, kalian juga harus menerima feedback dan saran dari atasan. Dengan menerima feedback, kalian dapat meningkatkan dan memperbaiki kekurangan saat bekerja diperusahaan.

3. Memberi Informasi Pengunduran Diri

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan tersendiri untuk karyawannya saat ingin memberikan informasi pengunduran diri kerja. Biasanya kalian harus mengajukan pengunduran diri jauh-jauh hari, seperti 2 minggu, satu bulan, hingga dua bulan sebelum melakukan regin. Tergantung dengan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan ditempat kalian kerja. Karena, perusahaan juga akan mempunyai waktu untuk mencari pengganti kalian.

4. Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Untuk cara membuat surat pengunduran dirinya sendiri, kalian harus menggunakan kata-kata yang baik dan tepat. Kalian juga harus menunjukan surat pengunduran diri tersebut kepada atasan atau HRD. Kemudian serahkan surat pengunduran diri terlebih dahulu, dan setelah itu kalian dapat menceritakan dengan jelas alasan yang tepat mengapa kalian mengundurkan diri. Namun jika posisinya sedang WFH.

Kalian bisa melampirkan surat pengunduran diri kerja melalui email saja. Setelah email diterima oleh atasan atau HRD, biasanya atasan akan menghubungi kalian lewat telepon. Kalian dapat berdiskusi dan membicarakan alasan secara spesifik untuk melanjutkan apa yang tidak disampaikan melalui surat tersebut.

5. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa kalian ucapkan terima kasih saat memberikan surat pengunduran diri kepada atasan ataupun HRD dan juga rekan kerja. Jangan lupa untuk tetap berhubungan baik dengan mereka, walaupun kalian sudah resmi mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan yang baru. Tanda terimakasih bisa dilakukan dengan cara makan bersama direstoran, memberikan hadiah kecil, memberi makanan khas karyawan resign dan masih banyak yang lainnya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik

Bagi kalian yang belum tahu cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini, agar kalian tidak melakukan kesalahan saat pembuatan surat pengunduran diri tersebut. Cara membuatnya sangat gampang, dibawah ini kita akan berikan format dan hal apa saja yang harus dilakukan dalam penulisan surat pengunduran diri kerja. Adapun formatnya yaitu sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal lengkap surat diserahkan.
  2. Pihak yang dituju, seperti atasan atau HRD.
  3. Jangan lupa tuliskan salam pembuka.
  4. Nama lengkap dan juga alamat lengkap perusahaan.
  5. Identitas diri seperti nama lengkap, NIK, Jabatan dan departemen.
  6. Alasan pengunduran diri kerja dan tanggal pengajuan pengunduran diri.
  7. Ucapkan terimakasih kepada atasan, HRD dan juga rekan kerja. Tidak lupa juga, kalian ucapkan maaf jika ada kesalahan yang sengaja ataupun tidak sengaja selama bekerja di perusahaan tersebut.
  8. Penutup.
  9. Nama lengkap diikuti dengan tanda tangan.
Baca Juga :  Syarat dan Contoh Surat Perjanjian Kejasama Pekerjaan / Bisnis

Itulah format yang harus kalian buat saat membuat surat pengunduran diri dari perusahaan tempa kerja kalian. Untuk lebih jelas dan agar kalian lebih paham dalam pembuatan surat pengunduran diri. Kalian bisa lihat beberapa contoh surat pengunduran diri sebagai berikut.

Beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik

Setelah kalian tahu format-format dalam pembuatan surat pengunduran diri, tentunya kalian sudah bisa membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Namun, jika kalian belum mengerti atau belum paham cara pembuatannya, kalian bisa lihat contohnya dibawah ini. Dibawah ini kita akan berikan beberapa contoh pembuatan surat pengunduran diri karyawan yang baik yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan secara Formal

Bandung, 4 Januari 2021

Yang terhormat,
General Manager PT. Karya Karsa Abadi
Jalan Dr. Djundjunan, Bandung.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muhammad Devani
NIK : 2018050312679
Jabatan : Business Development Analyst
Departemen : Sales

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Business Development Analyst di PT. Karya Karsa Abadi terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya ucapkan terima kasih karena PT. Karya Karsa Abadi sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang selama 4 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari PT. Karya Karsa Abadi. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT. Karya Karsa Abadi.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Baca Juga :  Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik, Santun dan Menarik

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Muhammad Devani

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan non Formal via Email

Sebelum mengirimkan email pengunduran diri, pastikan kamu telah menulis subject email yang benar.

To : [alamat email atasanmu]

Subject : Pengajuan Pengunduran Diri – [Nama kamu]

Yang terhormat,
Creative Director PT. Kreasi Nusantara
di tempat.

Dengan hormat,

Melalui pesan ini, saya Karina Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Kreatif Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara.

Demikian pesan ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya

Karina Kurniawan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan untuk Pindah ke Perusahaan Lain

Bekasi, 4 Januari 2021

Yang terhormat,
HRD PT. Kreasi Nusantara
Di Bekasi

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Karina Kurniawan mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Senior Copywriter di PT. Kreasi Nusantara terhitung mulai 4 Januari 2021.

Saya mengucapkan terima kasih karena PT. Kreasi Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang dengan ilmu dan pengalaman selama 5 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan sebagaimana mestinya.

Saya mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan selama saya bekerja di PT. Kreasi Nusantara.

Demikian surat ini saya buat, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Karina Kurniawan

Itulah beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi dalam pembuatan Surat pengunduran diri karyawan. Dengan contoh diatas, kalian dapat membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

You May Also Like

error: Content is protected !!