Pinjol yang Ada DC Lapangan 2023 Perhatikan Baik-Baik

Pdamtirtasukapura.co.id – Kalau ada dari Anda yang pernah menggunakan layanan pinjaman online, mungkin Anda sudah familiar dengan yang namanya debt collector. DC dibutuhkan oleh penyedia pinjaman online agar penagihan bisa dilakukan. Ada beberapa pinjol yang ada DC lapangan, jika menghadapi pinjol seperti itu, kita harus tahu apa saja yang perlu dilakukan.

Apa Itu DC Lapangan Dari Penyedia Pinjaman Online?

Sudah banyak aplikasi pinjaman sekarang ini yang bisa kita gunakan. Beberapa memiliki syarat yang mudah, prosesnya bahkan bisa saja tidak perlu menunggu lama. Tapi kalau pinjaman sudah Anda terima, kalian punya kewajiban membayar tagihan tersebut setiap bulannya.

Anda harus berusaha sebisa mungkin membayar tagihan tersebut tepat waktu. Kalau melebihi waktu jatuh tempo, bisa saja Anda harus menghadapi denda. Saat pengguna aplikasi pinjol telat membayar, mereka akan melalui proses penagihan tertentu dari pihak penyedia pinjaman online. Bisa ditagih melalui Desk Collection, bisa juga melalui Field Collection.

Kalau ditagih melalui metode Desk Collection, maka dilakukan via panggilan telepon maupun SMS. Beda dengan Field Collection, penagihan pinjaman online satu ini dengan metode lapangan. Terdapat oleh pihak ketiga yang melakukan tugas ini atau yang biasa dikenal dengan DC.

Beberapa pinjaman online memiliki DC pinjol lapangan sehingga para pengguna aplikasi pinjaman online tersebut perlu lebih waspada. Jasa DC ini biasanya melakukan tugasnya kalau pengguna telat bayar hingga 1 atau 2 bulan. Tapi Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan penyedia pinjaman online resmi.

Penagihan yang akan dilakukan oleh pinjol yang ada DC lapangan tentunya tetap sesuai setiap kode etik. Kode-kode etik dibuat agar bisa melindungi kepentingan para pengguna layanan pinjaman online. Tapi pada faktanya, masih ada yang menghadapi penagih lapangan yang terlalu kasar.

Mereka menemukan indikasi ancaman atau tindakan yang tidak sesuai kode etik lain sejenisnya. Meski begitu, tindakan seperti ini lebih mungkin terjadi kalau konsumen tidak bisa kooperatif atau susah untuk diajak bekerja sama. Debt Collector pinjaman online bisa saja datang kapan pun.

Selain menunggu waktu sebulan hingga dua bulan, penagihan seperti ini dilakukan jika penagihan lewat metode sebelumnya masih tidak ditanggapi. Jadi, sebisa mungkin para pengguna layanan pinjaman online menanggapi panggilan telepon maupun SMS.

Tips-tips Menghadapi DC Pinjaman Online

Jika memang pihak DC dari penyedia pinjaman online terkait hendak mendatangi rumah, maka jangan panik. Simak beberapa tips di bawah ini dalam menghadapi debt collector pinjol.

– Dahulukan dengan menanyakan identitas mereka

Saat debt collector mendatangi tempat tinggal Anda, coba sambutlah terlebih dahulu dengan sopan atau apa adanya. Lalu kalian bisa langsung mempertanyakan identitas agar lebih jelas. Tanyakan mengenai dari mana debt collector tersebut bertugas lalu sesuaikan dengan jenis aplikasi atau platform pinjol yang Anda gunakan.

Coba tanyakan dari mana perintah penagihan tersebut muncul. Dengan begitu, Anda tidak bingung lagi dalam mengurus penagihan tersebut. Anda juga bisa terhindar dari modus penipuan berkedok debt collector.

– Terima dengan baik kedatangan DC

Saat menghadapi pinjol yang ada DC lapangan dan sudah mendatangi rumah Anda, Anda harus sebisa mungkin menerima kedatangan mereka. Beranikan diri untuk bertemu dengan mereka. Sebaiknya debitur tidak menghindar, jika menghindari DC, maka bisa saja masalah baru yang timbul nantinya.

– Minta sertifikasi profesi

Kalau yang datang adalah debt collector yang resmi, biasanya ada sertifikat tertentu yang menandakan DC tersebut bukan abal-abal. Sertifikasi APPI misal yang bisa menandakan kalau DC pinjaman online benar-benar resmi. Setiap penagih utang harus bisa memperlihatkan bukti profesinya.

Berbagai daftar pinjol dengan DC lapangan biasanya menentukan petugas DC secara teliti dan jelas bisa diandalkan. Agar nantinya bisa memperlancar proses penagihan dan para pelanggan bisa percaya lalu kooperatif.

– Memberi tahu alasan secara baik-baik

Dari pihak yang ditagih, harus memberi tahu penjelasan secara baik-baik, salah satu yang perlu diberi tahu adalah alasan terlambat membayar tagihan. Jelaskan kalau Anda selanjutnya akan menghubungi pemberi pinjaman online mengenai utang terkait. Anda perlu ingat juga kalau jangan langsung menjanjikan apa pun itu kepada pihak debt collector.

Hindari memperpanjang juga masa penagihan. Bisa saja dari hal tersebut akan membuat penagihan semakin rumit atau bisa menambah nilai pinjaman.

– Mencari tahu informasi resmi penagihan

Jika memungkinkan, Anda bisa cari tahu juga informasi mengenai surat penagihan terutama kalau sampai ada prosedur penyitaan barang. Dokumen surat kuasa adalah bukti sitaan imbas dari penunggakan utang. Surat seperti wajib diterbitkan para penyedia pinjol. Tapi hal tersebut tidak perlu Anda rasakan kalau kooperatif dalam membayar tagihan.

– Jika perlu, jelaskan mengenai kondisi keuangan

Penagihan utang sangat erat kaitannya dengan kondisi keuangan kita. Jika memang kondisi keuangan tersebut yang bermasalah, sudah tentu harus dijelaskan apa adanya. Jangan malu menjelaskan kondisi keuangan ke pihak pinjol yang ada DC lapangan. Debitur perlu menjelaskan sejelas-jelasnya kendala yang bisa menyebabkan dirinya gagal bayar.

Jika informasi yang jelas sudah Anda berikan kepada penagih, maka mereka punya bahan perbincangan yang selanjutnya diberikan kepada atasan.

– Meminta pengunduran jatuh tempo jika memungkinkan

Dalam menghadapi DC, coba minta pengunduran waktu kalau memang memungkinkan. Pastikan mampu bertanggung jawab untuk selanjutnya membayar pinjaman online.

– Cari tahu etika seorang DC dalam menagih pinjaman

Akan lebih baik lagi kalau Anda sendiri tahu sebagaimana etika yang benar untuk penagihan yang dilakukan oleh pinjol dengan DC lapangan maupun penagih lainnya. Anda bisa mengetahuinya melalui Surat Edaran BI Nomor 11/10/DASP April 2009. Salah satu poinnya adalah DC yang menagih harus memakai identitas resmi dari lembaga keuangan tempat mereka bekerja. Identitas tersebut harus dilengkapi juga dengan foto mereka.

Poin lainnya adalah DC dilarang untuk menagih melalui pemberian ancaman, melakukan kekerasan, maupun tindakan yang mempermalukan debitur. Debt Collector dilarang juga menagih memakai tekanan verbal maupun fisik. DC juga dilarang menagih ke orang atau pihak lain selain pihak debitur.

Proses penagihan lewat sarana komunikasi juga dilarang kalau terus menerus dilakukan sampai mengganggu. Poin penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah DC menagih hanya pada alamat domisili debitur. Mereka harus menagih antara 08.00 hingga 20.00 sesuai wilayah alamat debitur.

Jika memang penagihan dilakukan tidak sesuai waktu dan tempat tersebut, maka tetap bisa dilakukan. Hanya saja harus berdasarkan persetujuan dengan pihak debitur. Di balik kemudahan meminjam online, terdapat berbagai risiko yang bisa menanti Anda. Kasus yang parah adalah DC yang nekat datang ke rumah tanpa pemberitahuan.

Karena banyak risiko, memakai layanan pinjol ini lebih baik saat terdesak saja. Kalau Anda sudah terlanjut memakai layanan dari pinjol yang ada DC lapangan, jangan lupakan beberapa poin di atas. Anda pun akan lebih aman dalam menghadapi petugas DC tersebut nantinya.

Leave a Comment